reza-aslan

How to Win a Cosmic War: Confronting Radical Islam: God, Globalization and the End of the War on Terror
penulis: Reza Aslan (Hardcover – terbit 21 Mei 2009)

***

Reza Aslan telah selesai dengan pemikiran kritis terbarunya, setelah merilis buku pertamanya No God But God: The Origins, Evolution, And Future Of Islam (Random House, 2005), tentang pasca-tragedi 9/11. Aslan melihatnya sebagai reformasi lanjutan dalam Islam.

Aslan berencana menulis tentang kebangkitan kalangan Muslim muda dan peran mereka membentuk ulang kepercayaan sebagai kelanjutan “pengembangan reformasi idealis tentang Islam”. Namun Aslan yang kelahiran Iran ini bahwa “perang terhadap teror telah terjadi dan akan ada banyak diskusi tentang peran agama dan kekerasan…”

Aslan menyatakan bahwa kebanyakan orang melihat keduanya tak ada kaitannya, dan bahwa keduanya bersimpangan jalan karena agama telah mengarah ke arah yang salah. Kekerasan adalah hal integral terhadap identitas religius seperti halnya berdoa, bersedekah, atau berbuat baik, padahal bukan begitu. Dialektika ini kemudian memunculkan buku dalam sudut pandang lain. “How to Win a Cosmic War: God, Globalization, and the End of the War on Terror” (Bagaimana Memenangkan Perang Kosmis: Tuhan, Globalisasi, dan Akhir Perang terhadap Teror) akan dirilis April 2009 dan diterbitkan oleh Random House.

“Saya ingin mengupas mengapa perang terhadap teror dan terorisme seperti yang digaungkan Pemerintahan Bush, adalah kegagalan total Bush.” Aslan menyatakan bahwa ia juga menemukan tantangan, mengingat ideologi di belakang perang melawan teror ini adalah pertarungan kebudayaan, seberti halnya konflik antara paham-paham barat, termasuk terhadap Islam.

“Kecenderungan dikotomi antara baik (Amerika, Kristen) dan yang jahat (Islam, Timur Tengah, negera-negara Arab) adalah hal yang disengaja oleh Bush dan bagaimana itulah yang mereka rasakan,” papar Aslan.

Aslan, 35, lahir dari keluarga imigran yang besar di daerah San Fransisco. Ia lulus dari Harvard Divinity School dan University of California, Santa Barbara dengan gelar sarjana S2 di bidang agama komparatif.

Saat peluncuran buku Cosmic War, Aslan menekankan bahwa perdebatan antara Islam dan Barat adalah fungsi dari Pemerintahan Bush. Ia juga mengutip buku staf Bush, Samuel P. Huntington “The Clash of Civilizations and the Remaking of World Order” yang merupakan framing antara Islam militan dan Barat sebagai pertarungan antara Barat dan peradaban Islam (atau pertarungan yang baik melawan yang jahat). Musuh yang berbeda juga memerlukan strategi yang berbeda. Hal ini merupakan kupasannya tentang al Qaeda, yang merupakan organisasi lintas-negara.